Tips Keriting Rambut Tanpa Alat

Orang Indonesia pasti kenal dong yang namanya batang daun singkong? yang gak kenal atau gak inget mugkin sudah melupakan atau mungkin lupa? Hmmm.... Aku mau kasih kamu cara mengeriting rambut dengan cara yang sangat tradisional. Ingat tahun 80-90an waktu aku masih kanak-kanak dan tinggal di desa. Cara yang sangat simple dan menurutku patut dilestarikan :)

Bagi yang belum tahu seperti apa batang daun singkong nih aku kasih tahu ya :) tapi maaf ini bukan foto koleksi pribadiku.


Aku dulu mengeriting rambut hanya menggunakan batang-batang daun singkong ini loh, tapi pilih yang sudah tua ya karena tidak mudah patah saat di pakai. Lucu dulu tuh pakai ini kadang kemana-mana batang singkong ini masih menempel di rambut, kenangan masa kecil yang indah bagiku.

Karena sekarang jaman sudah semakin modern hal tradisional tersebut mulai tergerus jaman yang serba praktis ini. Ya... sekarang sudah pada menggunakan alat-alat modern yang canggih, sekali colok, gulung-gulung dan jadi.

Terkadang jika mati lampu dan ingin berpenampilan berbeda aku pakai cara tradisional, namum bukan menggunakan batang singkong seperti jaman dahulu. Karena batang singkong terkadang susah dicari, maka aku pakai kertas bekas yang aku lipat2 bentuk panjang dan aku gulung dari ujung rambut hingga sesuai keinginan yang akan di keriting.

Untuk jelasnya aku kasih tutorial dan alat yang dibutuhkan ya :)


1. Kertas bekas yang di gulung atau dilipat-lipat kalau mau digunting juga bisa tapi kertasnya yang tebal ya atau kamu lipat rangkap 2-3 lipatan
2. Hair Foam atau minyak rambut untuk mempercepat pembentukan rambut menjadi keriting.

CARANYA :


1. Beri hair foam atau minyak rambut di segenggam/secukupnya rambut untuk di gulung.
2. Ambil kertas yang sudah di persiapkan tadi.
3. Gulung rambut yang sudah di beri foam dengan menggunakan kertas tadi.
4. Ikat sampul di bagian ujung sesuai batas keinginan rambut yang akan di keriting seperti mengikat tali sepatu tanpa bentuk/sampul pita.
5. Lakukan sampai semua rambut tergulung dan diamkan selama 10-20 menit.


Dan tara!!! Ini dia hasil akhirnya :) Memang sedikit repot tapi hasilnya tak kalah dengan alat pengeriting modern loh ^_^ Dan yang paling penting kita bisa menghargai sampah karena dapat memanfaatkan barang bekas menjadi sesuatu yang berguna :)

Selamat mencoba! Semoga bermanfaat ^_^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Comments
1 Comments
Facebook Comments by Media Blogger

1 komentar:

Unknown mengatakan...

ternyata bisa juga tanpa pake curling iron, makasih tipsnya!

Posting Komentar